8 Cara Menata Halaman Rumah Agar Terlihat Indah dan Menarik

Cara menata halaman rumah agar terlihat indah wajib dilakukan oleh setiap penghuni rumah. Karena kesan pertama yang akan dinilai oleh seorang tamu adalah bagian depan rumah. Bagaimana dalam rumahnya akan rapi, jika halaman rumahnya tidak tertata dan tidak pernah dibersihkan.

Cara Menata Halaman Rumah Agar Terlihat Indah

Pada artikel kali ini akan membahas mengenai cara menata halaman rumah agar terlihat indah yang nantinya diulas lebih dalam sehingga bisa anda jadikan sebagai bahan referensi, yuk kita simak bersama – sama penjelasan berikut ini :

1. Bersihkan Secara Rutin

Menjaga kebersihan memang menjadi komponen paling penting untuk mempertahankan halaman anda tetap indah. Bersihkan secara rutin minimal dua kali sehari pagi hari dan juga sore hari. Sampah dedaunan kering yang berguguran seringkali membuat halaman menjadi kotor.

Apalagi saat tiba musim pancaroba dengan kondisi angin bertiupnya sangat kencang dan membawa banyak sampah ke halaman anda. Mungkin proses pembersihan bias ditambah lagi kuantitasnya.

2. Rapikan Rumput – Rumput Yang Mulai Panjang

Saat musim penghujan tiba, rumput – rumput yang ada di halaman anda akan terasa sangat cepat tumbuhnya dibanding dengan musim panas. Paling tidak anda mencabuti atau hanya sekedar menyianginya saja untuk mengurangi populasi rumput yang ada.

Jika rumput yang tumbuh tidak beraturan saya sarankan untuk mencabutinya saja dan menggantinya dengan rumput hias. Rumput hias cenderung lebih mudah perawatannya dibandingkan dengan rumput liar. Rumput hias bisa anda rapikan dengan melakukan pemotongan saja. Selain itu anda bisa mempelajari cara membasmi gulma yang seringkali ikut serta dalam upaya membuat kondisi taman anda menjadi rusak.

3. Sediakan Tempat Sampah

Dengan adanya tempat sampah, selain membuat penampilan halaman rumah menjadi lebih baik dan menarik, nantinya akan menumbuhkan rasa malu dan peduli terhadap lingkungan. Rasa malu bisa muncul pada saat anda membuang sampah sembarangan, sedangkan di area tersebut sudah disediakan tempat sampah.

Apa susahnya menempatkan sampah pada tempatnya. Kebersihan adalah sebagian dari iman. Jika anda tidak mampu menjaganya, berarti tingkat keimanan anda bisa ditentuukan dari perilaku keseharian yang anda lakukan tersebut.

4. Tanamlah Berbagai Jenis Tanaman Hias

Cara menata halaman rumah agar terlihat indah berikutnya dengan memelihara tanaman hias. Berbagai jenis tanaman yang anda tanam di halaman rumah, selain bermanfaat menyediakan oksigen untuk keluarga anda, disisi lain juga bisa menambah daya tarik dan juga keindahan. Bisa anda tanam langsung di tanah atau pun di dalam pot.

Jika anda memutuskan untuk melakukan proses penanaman di tanah secara langsung, maka anda wajib mempertimbangkan lokasi yang tepat dan baik. Karena jika anda menginginkan memindahkan tempatnya saat sudah ditanam dan tumbuh subur, pasti secara tidak langsung akan merusaknya.

Namun berbeda lagi jika anda menggunakan pot, pada saat anda ingin mendesain ulang halaman akan mudah untuk dilakukan pemindahan tanpa harus kesulitan atau pun merusak tanaman hias tersebut. Anda bisa memilih jenis bunga untuk taman yang sesuai dengan luas halaman yang sudah disediakan untuk dialih fungsikan menjadi taman

5. Menambahkan Kolam Ikan dan Air Mancur

Agar menciptakan suasana seperti halnya alam bebas (back to nature), anda bisa membuatkan kolam di sekitaran halaman. Gemericik air yang terdengar menambah suasana sejuk dan nyaman sehingga seolah – olah anda sedang berada di habitat sungai yang teduh.

Selain itu juga akan menambah keindahan pada tampilan halaman rumah anda. Orang yang sedang berkunjung ke rumah anda akan merasa betah dengan suasana yang telah anda ciptakan tersebut. Sehingga ada perasaan ingin dating lagi dan lagi. Kolam ikan juga bermanfaat dalam hal mengurangi populasi nyamuk yang nantinya dijadikan santapan oleh ikan – ikan peliharaan.

 

 

6. Menambahkan Lampu Taman

Lampu taman mempunyai fungsi utama sebagai penerangan. Namun lampu taman juga bisa digunakan untuk memperindah dan juga memperkuat karakteristik taman yang anda buat di halaman rumah anda. Perlu anda perhatikan bahwasannya ukuran lampu taman dan jumlahnya wajib menyesuaikan luas halaman yang akan diterapkan.

Hal ini perlu diperhatikan karena diharapkan bisa menciptakan keseimbangan agar tidak menimbulkan kesan to much pada halaman rumah anda. Selain itu dengan adanya lampu taman akan mengurangi populasi nyamuk. Untuk model lampu taman pilihlah sesuai dengan budget yang ada, tidak usah memaksakan.

7. Menambahkan Batu – Batu Alam Sebagai Hiasan

Berkembangnya rumah minimalis saat ini membuat komponen – komponen pendukungnya menjadi ikut menggunakan desain minimalis. Seperti halnya dalam rangka menghias halaman rumah. Banyak orang memanfaatkan batu – batu alam sebagai salah satu cara membuat taman di rumah untuk dijadikan sebagai hiasan sehingga halaman rumah terlihat semakin menawan.

Anda bisa mendapatkan batu alam hiasan di toko – toko penjual tanaman hias. Harganya juga tidak mahal kok. Dijajakan dalam bentuk kemasan mulai dari kemasan kecil sampai kemasan besar. Anda bisa memilihnya sesuai dengan kebutuhan.

8. Mendesain Dinding Taman Menyerupai Pinggiran Sungai

Dinding yang di desain menyerupai bentuk pinggiran sungai akan membantu menciptakan suasana natural. Suasana tenang, nyaman, sejuk dan asri akan nampak. Untuk membuat dinding semacam ini, anda membutuhkan tenaga khusus yang memang sudah menekuni bidang pertamanan.

Bentuk dan ukurannya bisa disesuaikan dengan ukuran dinding anda. Memang untuk melakukan menerapkan desain yang satu ini membutuhkan budget lebih. Namun anda tidak akan menyesal jika mengambil pilihan ini. Karena cara ini banyak digunakan untuk desain rumah minimalis agar nampak lebih elegan dan tentu saja lebih menarik. Jadi tidak heran apabila masyarakat saat ini senang mengaplikasikan dinding tamannya dengan batu – batuan layaknya bantaran sungai.

Dapat diambil kesimpulan bahwa artikel mengenai cara menata halaman rumah agar terlihat indah yang sudah diulas di atas secara detail dan dikemas dengan baik diharapkan bisa membantu memudahkan anda dalam mempelajari serta memahaminya lebih dalam lagi sehingga layak dijadikan sebagai sumber referensi.

Sumber: RumahLia.com